Monday 4 April 2016

Kepemimpinan dalam Organisasi: Definisi Kepemimpinan (Bag. 2)


Ulasan tentang Pendekatan Penelitian Utama
Kepemimpinan telah diteliti dalam berbagai cara, tergantung pada konsepsi peneliti tentang kepemimpinan dan pilihan metodologisnya. Kebanyakan peneliti berurusan hanya dengan satu aspek sempit kepemimpinan, dan sebagian besar penelitian biasanya terbagi ke dalam lima lini penelitian yang berbeda. Hampir semua penelitian kepemimpinan dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari empat pendekatan berikut: (1) pendekatan power-influence (pengaruh-kekuasaan/kekuatan), (2) pendekatan perilaku, (3) pendekatan sifat/karakter, (4) pendekatan situasional. Asumsi-asumsi implisit tentang hubungan-hubungan kausal diantara variabel-variabel yang ada berbeda untuk tiap penelitian. Berikut ini adalah asumsi-asumsi yang digambarkan dalam Bagan di bawah ini.






Pendekatan power-influence (pengaruh-kekuasaan/kekuatan)
Sebagain besar penelitian yang dilakukan berdasarkan pada Pendekatan power-influence berusaha untuk menjelaskan keefektivan kepemimpinan dalam pengertian jumlah power (kekuatan / kekuasaan) yang dimiliki oleh sang pemimpin, jenis power tersebut, dan bagaimana power tersebut dilaksanakan. Power adalah hal penting tidak hanya untuk mempengaruhi para bawahan, tapi juga untuk mempengaruhi rekan, atasan, atau orang-orang diluar organisasi, seperti misalnya klien dan suplier. Sebuah pertanyaan besar yang dibahas oleh penelitian dan teori model ini adalah sumber power untuk individual, dan karakteristik cara dari tiap individual dan situasi yang berinteraksi dalam menentukan seberapa besar power yang akan dimiliki orang tersebut. Pertanyaan lainnya adalah cara power tersebut diperoleh dan hilang melalui proses-proses pengaruh timbal-balik.

Pendekatan perilaku
Pendekatan perilaku menekankan pada apa yang sebenarnya dilakukan oleh para pemimpin dan para manajer dalam pekerjaannya. Penelitian ini dibagi menjadi dua sub kategori. Penelitian tentang sifat kerja manajerial sangat bergantung pada metode-metode deskriptif seperti pengamatan / observasi, diari, anekdot yang diperoleh dari wawancara. Satu lagi lini dalam penelitian perilaku adalah berusaha untuk mengidentifikasi perbedaan dalam pola-pola perilaku antara para pemimpin yang efektif dan tidak efektif.

Pendekatan sifat/karakter
Pendekatan ciri/karakteristik menekankan pada atribut-atribut personal dari para pemimpin. Teori-teori kepemimpinan awal mengatributkan keberhasilan pemimpin pada kepemilikan kemampuan-kemampuan yang luarbiasa seperti energi yang tak kenal lelah, intuisi tajam, prakiraan masa depan yang luar biasa, dan power-power persuasif yang sangat melenakan. Ratusan studi ciri/karakteristik pun telah dilakukan selama tahun 1930an dan 1940an untuk menemukan kualitas-kualitas yang sukar dipahami ini, tapi usaha penelitian masif ini telah gagal menemukan ciri-ciri apapun yang dapat menjamin keberhasilan kepemimpinan.
 
Bersambung ke bagian 3: Kepemimpinan dalam Organisasi: Sumber Power dan Pengaruh (Bag. 3)

Thursday 31 March 2016

Kepemimpinan dalam Organisasi: Definisi Kepemimpinan (Bag. 1)



LEADERSHIP IN ORGANIZATIONS
(Kepemimpinan dalam Organisasi)
Bab 1

Definisi Kepemimpinan
Istilah kepemimpinan memiliki makna yang berbeda bagi orang yang berbeda. Kata ini diambil dari kosakata umum dan digabungkan ke dalam kosakata teknis dari disiplin ilmiah tanpa dijelaskan dengan tepat. Akibatnya, istilah ini masih memiliki konotasi tidak berkaitan yang menciptakan ambiguitas makna ((Janda, 1960). Kebingungan lebih jauh disebabkan oleh penggunaan istilah-istilah lain yang tidak tepat seperti power, authority/otoritas, manajemen, administrasi, kontrol, dan supervisi untuk menggambarkan fenomena yang sama. 

 Beberapa definisi kepemimpinan yang cukup menjelaskan tentang Pengertian Kepemimpinan, Gaya dan Teori Kepemimpinan adalah sebagai berikut:
  1. Kepemimpinan adalah ­perilaku dari seseorang ketika dia mengarahkan aktivitas dari sebuah kelompok kepada tujuan bersama”. (Hemphill & Coons, 1957, hal. 7)
  2. Kepemimpinan adalah ”jenis tertentu dari hubungan power yang ditentukan oleh persepsi seorang anggota kelompok bahwa anggota yang lain memiliki hak untuk menunjukkan pola perilaku untuk anggota tersebut menyangkut aktivitasnya sebagai anggota kelompok.” (Janda, 1960, hal. 358)
  3. Kepemimpinan adalah ”Pengaruh interpersonal, dilakukan dalam sebuah situasi, dan diarahkan, melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu.” (Tannenbaum, Weschler, & Massarik, 1961, hal. 24).
  4. Kepemimpinan adalah ”sebuah interaksi antara orang-orang dimana salah satunya menyajikan informasi dengan cara dimana orang lain tersebut menjadi yakin akan hasil yang akan diperoleh ...akan meningkat jika dia bertindak sesuai dengan yang disarankan atau diinginkan.” (Jacobs, 1920, hal. 232)
  5. Kepemimpinan adalah ”inisiasi dan perawatan/pemertahanan struktur dalam ekspektasi /harapan dan interaksi.” (Stogdill, 1974, hal. 411)
  6. Kepemimpinan adalah ”penambahan/peningkatan yang berpengaruh pada pemenuhan/kepatuhan mekanikal dengan panduan-panduan kegiatan organisasi.” (Katz & Kahn, 1978, hal. 528)
  7. Kepemimpinan adalah ”proses mempengaruhi aktivitas dari kelompok yang terorganisir untuk mencapai tujuan/sasaran.” (Rauch & Behling, 1984, hal. 46)
Definisi kepemimpinan biasanya memiliki denominator umum asumsi bahwa hal tersebut merupakan fenomena kelompok yang melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih (Janda, 1960).
Salah satu kontroversi utama menyangkut isu leadership sebagai sebuah fenomena yang jelas, para pakar teori, dengan berbagai Penelitian Tentang Kepemimpinan yakin bahwa kepemimpinan tidaklah berbeda dari proses pengaruh sosial yang terjadi diantara semua anggota kelompok, dan Kepemimpinan dipandang sebagai sebuah proses kolektif yang dimiliki bersama oleh semua anggota kelompok.
 

Perbedaan Konsepsi dari seorang Pemimpin
Konsepsi Luas
Konsepsi Terbatas
1.         Seseorang yang mempengaruhi anggota kelompok (”distributed leadership / kepemimpinan menyebar”)
2.         Seseorang yang mempengaruhi anggota kelompok dengan cara apapun
3.         Seseorang yang mempengaruhi anggota kelompok untuk memenuhi permintaannya dengan senang hati ataupun berat hati
1.      Seseorang yang mengeluarkan pengaruh yang paling besar pada anggota kelompok lain (”focused leadership / kepemimpinan terpusat”)
2.      Seseorang yang secara sistematis mempengaruhi para anggota kelompok untuk mencapai tujuan kelompok
3.      Seseorang yang mendapatkan komitmen antusias dari para anggota kelompok dalam melaksanakan permintaannya

Beberapa pakar teori bahkan lebih jauh membatasi definisi kepemimpinan pada pelaksanaan pengaruh yang menghasilkan komitmen antusias dari para pengikutnya, sebagaimana yang dipertentangkan pada pemenuhan yang biasa saja atau kepatuhan yang setengah hati. Para pendukung dari teori ini berpendapat bahwa seseorang yang menggunakan otoritas dan kontrol terhadap reward / hadiah dan punishment /hukuman untuk memanipulasi atau memaksa para pengikut tidaklah benar-benar ”memimpin” mereka. Pendapat yang bertentangan dengan ini menyatakan bahwa definisi ini terlalu membatasi, karena mengesampingkan proses-proses pengaruh yang penting untuk memahami mengapa seorang manajer menjadi efektif atau tidak efektif dalam sebuah situasi. Para pakar teori ini berpendapat bahwa definisi awal dari kepemimpinan seharusnya tidak menentukan jawaban terhadap pertanyaan penelitian tentang hal apa yang membuat seorang manajer menjadi pemimpin yang efektif. Sumber Power dan Pengaruh yang dimiliki oleh seorang pemimpin pun telah menjadi bahasan tersendiri yang cukup menarik.
Kontroversi serupa terus berlanjut mengenai perbedaan antara leadership dan manajemen. Sudah jelas bahwa seseorang dapat menjadi seorang pemimpin tanpa harus menjadi seorang manajer, dan seseorang dapat menjadi manajer tanpa harus menjadi seorang pemimpin. Memang, beberapa manajer bahkan tidak memiliki bawahan (misalnya manajer akun finansial). Tidak ada yang menyatakan bahwa mengelola / me-manage dan memimpin adalah sama, tapi tingkat tumpang tindih adalah poin pertentangannya.
Oleh karena itu, kepemimpinan dijelaskan secara luas untuk mencakup proses-proses yang melibatkan determinasi / penentuan dari tujuan organisasi atau tujuan kelompok, memotivasi perilaku tugas dalam mencapai tujuan tersebut, dan mempengaruhi budaya dan maintenance / perawatan kelompok. Istilah pemimpin dan manajer akan digunakan secara bergantian dalam bahasan ini.
Keefektivan Kepemimpinan
Ukuran kefektivan leadership yang paling umum digunakan adalah tingkat di mana seorang pemimpin kelompok atau organisasi melakukan tugasnya dengan sukses dan mencapai tujuan/sasarannya. Dalam beberapa kasus, ukuran kinerja tujuan atau pencapaian sasaran pun tersedia, seperti misalnya pertumbuhan profit, marjin profit, peningkatan penjualan, market share, penjualan relatif terhadap target penjualan, return on investment / tingkat pengembalian investasi, produktivitas, biaya per unit output, biaya dalam kaitan dengan pembiayaan yang dianggarkan, dll. Dalam kasus yang lain, peringkat subjektif dari keefektivan kepemimpinan pun dicapai dari para atasan pemimpin, rekan atau bawahan.
Sikap dari para pengikut terhadap pemimpinnya adalah indikator umum lainnya dari keefektivan kepemimpinan. Seberapa bagus pemimpin tersebut memuaskan kebutuhan dan harapan mereka? Apakah para pengikut menyukai, menghormati, mengagumi si pemimpin? Apakah para pengikut sangat berkomitmen dalam melaksanakan permintaan pemimpin, atau apakah mereka akan menolak, mengabaikan atau menentangnya? Sikap para pengikut biasanya diukur dengan kuisioner dan wawancara. Berbagai ukuran perilaku objektif seperti absenteisme, pergantian sukarela, keluhan, komplain terhadap manajemen yang lebih tinggi, permintaan transfer, penurunan, mogok kerja, dan sabotase sengaja pada peralatan dan fasilitas bertindak sebagai indikator tidak langsung tentang ketidakpuasan dan permusuhan pengikut terhadap si pemimpin.
Pemilihan kriteria yang tepat tentang keefektivan pemimpin tergantung pada tujuan dan nilai dari orang yang melakukan evaluasi. Atasan pemimpin lebih menyukai kriteria yang lain daripada bawahan pemimpin. Ketika banyak pilihan ukuran keefektivan, biasanya adalah sebuah keputusan arbitrer terhadap yang paling relevan. Kriteria berbeda seringkali tidak berhubungan dan bahkan dapat berkorelasi secara negatif.

Bersambung ke bagian 2: Kepemimpinan dalam Organisasi: Definisi Kepemimpinan (Bag. 2)

Thursday 4 February 2016

Cari Referensi: Level-level dalam segmentasi pasar

Cari Referensi: Level-level dalam segmentasi pasar:

Level-level dalam segmentasi pasar


Level-level
dalam segmentasi pasar
            Titik awal untuk membicarakan
segmentasi adalah pemasaran massa (mass marketing). Dalam pemasaran massa,
penjual turut seta dalam produksi massa, distribusi massa, dan proposi massa
dari sebuah produk bagi semua pembeli. Henry Ford mengoptimalkan strategi ini
ketika menawarkan Model-T Ford dalam satu warna, hitam. Coca Cola juga
mempraktekkan mass marketing ketika menjual hanya satu jenis Coke dalam botol
6,5 ons.
            Mass marketing dilakukan karena metode
ini menciptakan pasar potensial terbesar, menghasilkan biaya terendah sehingga menurunkan
harga jual atau mempertinggi margin. Meski demikian, banyak titik kritis pada peningkatan
bagian-bagian pasar, dan perkembangan media iklan serta saluran-saluran
distribusi, yang mempersulit dan membuatnya mahal untuk mencapai audiens massa.
Beberapa pihak mengklaim mass marketing sudah mati. Sebagian besar perusahaan
telah kembali ke mikro-marketing pada salah satu dari empat level: segmen,
niche, area-area lokal dan individu.

Saturday 16 January 2016

Friday 15 January 2016

Cari Referensi: TEORI NILAI BUDAYA DAN BEBERAPA DAMPAK BAGI KERJA

Cari Referensi: TEORI NILAI BUDAYA DAN BEBERAPA DAMPAK BAGI KERJA: TEORI NILAI BUDAYA DAN BEBERAPA DAMPAK BAGI KERJA Sebuah teori tipe-tipe nilai yang membandingkan beberapa kultur dihadirkan dan divalida...