Wednesday 4 November 2015

Tips untuk Menghindari Swimmer’s Ear



Tips untuk Menghindari Swimmer’s Ear
Swimmer’s ear, sebuah infeksi umum yang terjadi pada telinga bagian luar, tidaklah hanya terjadi pada para perennang. Mengguyur atau membilas rambut anda seringkali menjadi penyebabnya. Iklim yang lembab dan hangat juga dapat menjadi faktor penyebabnya. Menurut American Academy of Otolaryngology - Head and Neck Surgery, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat mengalami infeksi swimmer’s ear.

Swimmer’s ear disebabkan oleh air yang terperangkap di dalam kanal telinga. Biasanya, air mengalir keluar setelah berenang atau mandi, dan kanal telinga pun mengering secara alami. Jika tidak, kulit yang basah menyediakan tempat pembiakan yang ideal untuk bakteri dan jamur penghuni.
Academy ini merekomendasikan tip berikut ini jika ada air terperangkap di dalam telinga anda.
1.      Miringkan kepala anda dengan posisi telinga yang berisi air menghadap ke atas.
2.      Tarik telinga maju dan mundur, secara perlahan tekan penetes obat berisi alkohol gosok ke dalam kanal telinga. (Alkohol mengeringkan telinga dan membunuh bakteri dan jamur).
3.      Goyangkan telinga anda untuk menggerakkan larutan melewati saluran telinga anda.
4.      Miringkan kepala anda dengan telinga yang berisi alkohol menghadap ke bawah supaya alkoholnya mengalir keluar. Mengetuk perlahan sisi kepala anda dapat membantu.
Jika anda rentan terhadap infeksi, atau khususnya jika anda pernah ada lobang di dalam gendang-telinga anda, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda sebelum berenang atau memakai obat tetes telinga jenis apapun.

No comments:

Post a Comment